Tuesday, 24 December 2013

Pendapatan Adsense - 6 Cara Meningkatkan Pendapatan Google AdSense


Pada postingan blog kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang sering saya gunakan untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Seperti yang telah Anda ketahui, Google Adsense merupakan salah satu bisnis online terbaik untuk memperoleh penghasilan uang yang banyak dari internet. Banyak sekali webmaster dan blogger yang sudah sukses mendapatkan puluhan ribu dolar dari program ini baik itu di luar negeri maupun di Indonesia. 

Akan tetapi meskipun jumlah pengguna Adsense saat ini sangat banyak, kebanyakan dari mereka belum mendapatkan penghasilan Adsense yang besar. Bahkan dulu pernah ada orang yang mengatakan bahwa 90% pengguna Adsense hanya memperoleh kurang dari $100 setiap bulannya dan hanya 10% saja yang mendapatkan ribuan-puluhan ribu dolar setiap bulannya.

Meskipun cara kerja Adsense sangat sederhana, namun untuk memperoleh pendapatan Adsense yang besar tidaklah mudah, apalagi jika Anda tidak tahu caranya. Untuk sukses menghasilkan banyak uang dari Adsense diperlukan kesabaran dan kerja keras khususnya dalam membangun situs yang menguntungkan (profitable). 

Berikut ini saya akan membagikan tips cara meningkatkan pendapatan Adsense yang mungkin beberapa tips berikut ini sering disepelekan dan diabaikan oleh kebanyakan orang, padahal jika diimplementasikan dengan benar maka bisa meningkatkan pendapatan Adsense Anda.

Tips Meningkatkan Pendapatan Adsense :
1. Gunakan fitur “Adsense Channel” untuk tracking kinerja iklan Adsense

Pada saat Anda membuat iklan Adsense, terdapat menu "channel" yang bisa disetting, fungsi fitur “channel" ini adalah untuk melacak kinerja iklan Adsense. Dengan begitu Anda bisa tahu mengenai iklan yang manakah yang berkinerja baik dan mana yang kurang baik. 
Jika Anda mendapati kinerja iklan yang kurang baik hasilnya maka gantilah dengan format iklan Adsense lain yang berkinerja lebih baik, atau Anda juga bisa membuang atau memindahkan iklan pada posisi yang kinerjanya kurang optimal. Kunci suksesnya yaitu Anda harus sering ber-eksperimen.

2. Sesuaikan iklan Adsense dengan konten situs


Buatlah iklan Adsense yang sesuai dengan konten dan template situs Anda baik itu dari segi warna, jenis huruf (font), dan ukuran hurufnya. Tujuannya adalah agar iklan terlihat menyatu dengan konten dan Adsense tidak terlihat seperti iklan. 
Kebanyakan orang sangat benci jika pandangannya terganggu dengan banyak iklan. Jika iklan Adsense terlihat menyatu seperti konten pada situs, maka pengunjung situs akan mengira bahwa iklan Adsense yang muncul bukanlah sebuah iklan dan akan dibaca sehingga kemungkinan terjadinya klik semakin besar (High CTR).

3. Posisi iklan Adsense


Posisi iklan Adsense yang baik adalah terpasang pada posisi yang mudah terlihat oleh pengunjung situs, misalnya pada bagian menu navigasi atas dan sidebar kanan. Pokoknya yang terpenting adalah harus visibel, bagaimana mugnkin iklan Adsense akan di klik pengunjung jika iklannya saja tidak terlihat.

4. Ukuran iklan Adsense


Selain posisi, gunakanlah ukuran iklan Adsense yang besar, agar iklan yang tampil bisa menarik perhatian pengunjung situs.

5. Update konten secara berkala


“Konten is king”! Buatlah konten yang memiliki nilai tambah bagi orang lain dan perbaharuilah konten situs secara berkala dengan konten terbaru. Google sangat suka “fresh content” yang original, sehingga konten baru akan sering di index oleh Google dan efeknya situs Anda akan banyak mendaptkan trafik dari mesin pencari Google.

6. Tingkatkan Trafik


Hal yang mungkin paling sulit dan paling banyak memakan waktu adalah mendatangkan trafik pengunjung situs. Untuk mendapatkan trafik secara gratis Anda bisa mulai mempromosikan situs Anda melalui sosial media dan dengan pengoptimalan mesin pencari (search engine optimization). Ingat, sebagus apapun situs Anda jika pengunjungnya sedikit maka penghasilan Adsense pun pasti kecil.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan pendapatan Adsense yang bisa saya share, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara meningkatkan pendapatan Adsense saya rekomendasikan Anda untuk membaca ebook panduan Adsense yang berjudul "Adsense Mentalis". Dalam ebook tersebut terdapat banyak strategi dan trik-trik dalam meningkatkan pendapatan Adsense yang telah terbukti membantu saya mendapatkan ribuan dolar atau sekitar puluhan juta rupiah per bulan. Berikut ini penghasilan dolar Adsense saya:
Pendapatan Adsense dari beberapa blog yang saya kelola
Tutorial Adsense dalam ebook Adsense Mentalis sangat detail dan lengkap sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan penghasilan Adsensenya. Jika anda punya sedikit uang saya sarankan untuk membeli ebook tersebut karena harganya cukup murah. Untuk mengetahui informasi lebih jelas silahkan kunjungi www.adsmentalis.com

64 comments:

  1. Terimakasih tipasnya gan..semoga bermanfaat salam kenal dan maju terus blognya…

    ReplyDelete
  2. Waw.. mantap bener tuh ya pendapatan Adsense nya?
    Sepertinya saya harus beli ebook Adsense Mentalis juga nih kayanya.
    Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
  3. Mantap broooooooo,,,,jadi pengen kayak anda,,,
    tapi gimana boss... cara detailnya ? heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda ingin penjelasan yang lebih detail, saran saya pelajari saja ebook Adsense Mentalis. Saya rasa harganya juga cukup murah..

      Delete
  4. Wah ini baru informasi yang bagus, saya baru tahu…
    ketinggalan saya kayaknya nieh… permisi ya ane mau coba dulu tips-tipsnya.
    Thanks.

    ReplyDelete
  5. wah jadi iri nih sob....
    klo iklan adsense di gabung sama chitika bisa gk???
    mampir ya http://tafshare.blogspot.com/2013/07/daftar-iklan-cpm-untuk-monetize-blog-baru.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, cuma kalo terlalu banyak iklan tuh jadinya jelek, kebanyakan orang tidak suka mengunjungi blog yang terlalu banyak iklan.. mending fokus di satu jenis iklan aja..

      Delete
  6. Saya dengar adsense memberi waktu selama tiga bulan pada publisher adsense baru (masa percobaan), pada waktu tiga bulan tersebut Google adsense menilai keefektifan dari iklan tersebut. Dengan resiko GA akan menolak kembali pemasangan iklan setelah dianggap tidak efektif, Benaarkah itu sob? karena kekawatiran saya pengunjung diblog saya yang semakin menurun berakibat pada efektifitas iklan GA.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut pengalaman saya dan pengalaman teman-teman saya, aman-aman aja ko sob, mungkin itu gosip. Malah saya belum pernah aturan google adsense yang kaya gitu..

      Delete
  7. sore gan,menu channel adsense itu saluran khusu atau saluran url ya??makasih gan dan formatnya spt apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Channel = Saluran.
      Channel tuh untuk semacam tracking mas, bisa untuk URL (URL channel) dan juga jenis iklan Ad channel).

      Delete
  8. Hebat sekali, Gan. Bisa dishare pengalamannya lebih jauh? Berapa traffic dari ketiga website Agan dan berapa lama waktu yang Agan perlukan untuk mendapatkan penghasilan sebesar itu? Saya sudah 7 bulan memonetize blog, tapi baru dapat 11 dollar doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Raihan: Traffik blog-blog saya cukup banyak, dan Itu hasil dari 6 bulan main Google Adsense mas..

      Delete
  9. itu hanya dari 1 blog kah earningnya? :o

    ReplyDelete
  10. Artikel yang bagus sekali sob

    Mampir ya di blogku http://info-gamepc.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih..
      Blog ente juga bagus sob..

      Delete
  11. kalau anda mendapatkan earn google adsense segitu, anda sudah di undang oleh google untuk berbagi pengalaman bagai.

    ReplyDelete
  12. waw mantaps sekali, sepersepuluhnya aja sebulan ane mau tuh..
    Oya gan ane udah ndaftar, tapi masih direview kedua ga di approve2. kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu belum seberapa agan khoirul.., masih banyak orang Indonesia yg penghasilan Adsense nya jauh lebih bersar, hihi
      Kalo gak diterima-terima biasanya karena faktor konten dan traffic pengunjungnya belum banyak.
      Persyaratan Google Adsense sekarang lumayan tinggi, lebih mengutamakan kualitas blog.

      Delete
  13. Makasih atas tipsnya gan. sangat membantu

    ReplyDelete
  14. Mantap nih makasih infonya gan!

    ReplyDelete
  15. agan pakai 1 rekening k utk bberapa blog agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane gak pake rekening-rekeningan gan..

      Delete
  16. Tips yang sangat bermanfaat gan, saya ikut saran dari Anda
    Terimakasih atas sharenya, salam sukses

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. sepertinya harus saya coba tipsnya gan

    ReplyDelete
  19. tentu semua orang mau sukses, termasuk para blogger yang ingin sukses dari program ppc adsense, upaya dan usaha tetap saya lakukan sob, tapi untuk saat ini saya harus bersabar karena jumlah klik adsense saya masih tergolong rendah, semoga tips di atas membantu ya, terima kasih :D

    ReplyDelete
  20. Tips yang bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  21. kerenn gan .. kunjungi http://jhealthsolution.blogspot.com.

    ReplyDelete
  22. masih newbie ni gan coba dipandu aris-saifulloh.blogspot.com
    apa ada yg kurang..?

    ReplyDelete
  23. keren amat gan pendapatannya itu..jadi iri aku nglihatnya..moga suatu saat saya bisa meraih pndpatan adsense yang maksimal..salam kenal gan...kunbalnya jangan lupa
    http://volimaniak.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. Waw luar biasa saldonya. Tapi koq iklan ads tidak muncul di postingan ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipasang di blog yang lain mba..

      Delete
  25. bos apa benar blog yang berbahasa indonesia akan mendapatkan sedikit pendapatan dari pada yang berbahasa inggris... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, semakin banyak pengunjungnya, maka semakin banyak pula penghasilannya, hanya saja kalau inggris cpc nya lebih besar.

      Delete
  26. setelah beberapa kali ditolak, akhirnya GA saya diterima juga.
    cuma trafiknya masih rendah he he he

    ReplyDelete
  27. bener juga mas,,, tapi saya takut dalam berekperimen kahawatir blognya ga ke index ma googlenya kemaren aja pas ganti template totol blog ga postingnya ga muncul di blog.. tapi makasig ya da bikin saya menjadi ingin mencobanya kembali, mohon doanya yaa..

    ReplyDelete
  28. Maksh mas infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  29. Terimakasih informasinya Mas, visit back ya kalau lagi nyari referensi harga smartphone atau tablet :)

    ReplyDelete
  30. pengen ngeblog.. bingung mau dimulai dari mana buat main di adsense

    ReplyDelete
  31. coba ah main main adsense
    selama ini jualan produk mulu

    ReplyDelete
  32. oooo.. baru tau saya.. makasih gan info nya... mudah2an pendapatan saya meningkat

    ReplyDelete
  33. Gan gk ada pastinya kah sekiranya berapa per klik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komisi per klik iklan adsense tuh beda-beda mas, tergantung banyak faktor, seperti faktor niche, faktor geografis, faktor advertiser, dll.

      Delete
    2. gak ada website yang sama, oleh karena itu gak ada juga pendapatan yang bisa diprediksi kalo berdasarkan pengalaman orang.

      sayangnya persentase pembagian hasil dari google juga beda2 di tiap niche di tiap2 waktu. google bisa aja gedein share kalo dia mau, dan ngecilin kapan dia mau. sebagai publisher, mau gak mau sih nurut2 aja.

      Delete
  34. ijin baca baca dlu gan, lagi kecanduan GA nee :)

    ReplyDelete
  35. Terima kasih infonya , saya newbie :). Sukses terus blognya :D

    ReplyDelete
  36. lagi berusaha nih membangun blog.

    ReplyDelete
  37. sangat bermanfaat sekali, terima kasih

    ReplyDelete
  38. berarti faktor traffic punya pengaruh besar ya gan,, maklum ane newbie masih belajar banyak tentang adsense,, thx gan infonya :D

    ReplyDelete
  39. Cara ini memang perlu keseriusan ya Gan, selain itu kesabaran dan doa juga perlu ya, salam kenal.

    ReplyDelete
  40. masih bergelut ningkatin CPC.. mau coba blog bule dulu ahh..

    ReplyDelete
  41. pencerahan sekali...terimakasih tips dan triknya

    ReplyDelete
  42. Dibalik hasil yang besar, pasti ada perjuangan dan kerja keras yang besar pula.
    Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  43. bisa dicoba nih, siapa tahu bisa meningkat.

    ReplyDelete
  44. Hebat euy.. Jadi tambah semangat..
    Terimakasih sharenya ya gan..

    ReplyDelete
  45. Ane coba ah, semoga meningkat.
    Makasih infonya bro..

    ReplyDelete
  46. Ssemoga punya saya juga bisa meningkat adsensenya. Amin.

    ReplyDelete